Header Ads

Breaking News
recent

Lebih Ajaib dari Sekedar Dora dan Peta Ajaib

Lebih Ajaib dari Sekedar Dora dan Peta Ajaib
Sebuah penghargaan yang besar patut kami (yang sudah lama menghuni bumi) berikan kepada leluhur yang sudah berbesar hati, berlapang dada dan berkorban besar, mengerahkan seluruh tenaganya untuk membuat peta. Peta yang kita lihat selama ini khususnya peta-peta pedesaan atau wilayah-wilayah terpencil adalah hasil dari sebuah usaha yang tidak mudah oleh manusia-manusia hebat yang mau mendedikasikan dirinya demi kepentingan masyarakat. Sebegitu besarkah dampak peta untuk masyarakat? jawabannya bukan lagi "iya" melainkan "sangat wajib iya". Kami di sekolah Involvement angkatan X ini diberikan banyak potret perjuangan pemberdayaan masyarakat desa yang diawali dengan aktivitas pemetaan wilayah. Karena peta ini bukan peta biasa. Tidak seperti Dora yang bisa memanggil peta kapanpun ketika dia ingin pergi ke suatu tempat. Tugas para aktivis pemberdayaan masyarakat itu tidak sesederhana tugas Dora dan Peta meskipun keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu "menyelamatkan". 
Mereka tidak melakukan pembuatan peta saja tetapi membuat orang lain mampu membuat petanya sendiri. Untuk membuat orang lain mampu belajar membuat petanya sendiri inilah yang menjadi tantangan terberatnya. Tugas ini kami sebut dengan tugas pengorganisiran dimana masyarakat digandeng dan diajak supaya mereka secara sadar mau membuat petanya sendiri demi pemberdayaan wilayah dan seluruh makhluk yang bernaung di sana. 
Lebih ajaib dari sekedar peta ajaib Dora. Karena keajaiban lain dari peta dan pemetaan yang diusahakan oleh para aktivis pemberdayaan masyarakat yang kemudian dibuat oleh masyarakatnya sendiri tidak dapat diciptakan oleh Dora bersama petanya. Keajaiban lain bahwa untuk peta kita mampu mengorganisir dan melakukan penyadaran masyarakat, dari peta kita bisa mengetahui permasalahan hingga potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah, dan oleh peta kami dan masyarakat yang tadinya tidak tahu dan tidak sadar kemudian di-tahu-kan dan disadarkan.

Salam Involvement!
Bergerak


*Refleksi Hari Keenam Sekolah Involvement Oleh Ananing Nur Wahyuli

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.